Jumat, 11 Juni 2021

Definisi Paving Block atau Conblock & Klasifikasi Mutu

Klasifikasi Mutu  paving block

 Definisi Paving Block atau Conblock & Klasifikasi Mutu Paving blok ialah satu formasi bahan bangunan yang dibuat dari kombinasi semen portland atau bahan perekat hidraulis yang lain, air dan agregat tanpa atau dengan bahan tambahan yang lain yang tidak kurangi kualitas beton itu. Paving blok ialah bahan bangunan yang dibikin dari kombinasi semen, pasir dan air, hingga watakistiknya nyaris dekati dengan karakter mortar. Mortar ialah bahan bangunan yang dibikin dari pencampuran di antara pasir dan agregat lembut yang lain berbahan pengikat dan air yang di dalam kondisi keras memiliki karakter-sifat seperti bebatuan

pengertian paving block, jenis conblock, perbedaan paving block press dan manual, harga conblock, kualitas paving block, fungsi conblock, karakteristik paving block, kekuatan paving k300, pengertian paving block, jenis conblock, perbedaan paving block press dan manual, harga conblock, kualitas paving block, fungsi conblock

Paving block mempunyai nilai seni yang baik, karena selainnya mempunyai wujud segiempat atau segibanyak dapat warna seperti aslinya atau diberi zat bahan warna dalam formasi pengerjaan. Paving blok ini sendiri berperan untuk lantai yang sering dipakai di luar bangunan dan jangan retak-retak dan cacat.

Paving Blok ialah jalan keluar terbaik untuk tempat serapan saat hujan dan banjir. Penempatannya tidak sulit dan perawatannya juga gampang. Penempatan dengan pola yang bagus akan menambahkan keelokan bangunan sekelilingnya.[2] Paving blok dibuat dengan warna alami, reguler (merah, hitam) dan warna khusus (hijau, kuning, biru). Ada bermacam mode, warna dan ukuran Paving Blok Dengan skema dan penempatan yang bagus, Paving Blok berkualitas akan semakin tambah menarik dan rapi. Banyak tersedia disain penempatan paving blok yang memikat


1 Klasifikasi Paving Blok

1.1 Klasifikasi paving blok berdasar langkah pembikinannya:

1.2 Klasifikasi paving blok press mesin hidrolik berdasar ketebalannya:

2 Model dan Design Paving Blok

3 Referensi

Definisi Paving Block atau Conblock & Klasifikasi Mutu
Definisi Paving Block atau Conblock & Klasifikasi Mutu 


Kategorisasi Paving Blok

Kategorisasi paving blok berdasar langkah pembikinannya:

Berdasar langkah pembikinannya Paving blok bisa dikelompokkan dalam beberapa macam yakni:

Paving Blok Press Manual / Tangan. Paving blok Press Manual/ Tangan dibuat dengan manual dengan tangan. Paving blok tipe ini terhitung tipe beton kelas D (K 50-100). Paving blok press manual biasanya dipakai untuk perkerasaan non sistematis, seperti halaman rumah, jalan trotoar, dan perkerasaan lingkungan dengan daya beban rendah.

Paving Blok Press Mesin Vibrasi / Getar. Paving blok tipe ini dibuat dengan mesin press mekanisme getar dan biasanya mempunyai kualitas beton kelas C-B (K150-250). Dalam penggunaannya Paving Blok Press Mesin Vibrasi ini sering dipakai sebagai alternative pengerasan di pekarangan garasi rumah dan tempat parkir.

Paving Blok Press Mesin Hidraulis. Paving tipe ini dibuat dengan dipress memakai mesin press hidraulis dengan kuat pencet di atas 300 kg/cm². Paving blok press hidraulis bisa digolongkan sebagai paving blok dengan kualitas beton kelas B-A (K 300-450). Penggunaan paving tipe ini bisa dipakai untuk kepentingan non sistematis atau untuk kepentingan sistematis yang berperan untuk meredam beban yang berat yang dilewati diatasnya, misalnya: area jalan lingkungan sampai sebagai pengerasan tempat pekarangan terminal peti bungkus di dermaga

Kategorisasi paving blok press mesin hidrolik berdasar ketebalannya:

Paving blok yang dibuat pada umumnya memiliki ketebalan 60 mm, 80 mm, dan 100 mm. Dalam pemakaiannya dari setiap ketebalan paving blok bisa disamakan dengan keperluan seperti berikut:

Paving blok dengan tebal 60 mm, ditujukan untuk beban lalulintas enteng yang frekwensinya terbatas pada orang berjalan kaki dan terkadang sedang.

Paving blok dengan tebal 80 mm, ditujukan untuk beban lalulintas sedang yang frekwensinnya terbatas pada pick up, truck, dan bis.

Paving blok dengan tebal 100 mm, ditujukan untuk beban lalulintas berat misalnya: crane, loader, dan alat berat yang lain. Paving blok dengan tebal 100 mm ini kerap dipakai di teritori indrustri dan dermaga.

Mode dan Design Paving Blok

Pada umumnya, mode paving blok ada banyak design dan memiliki bentuk. Tetapi, yang kerap kali banyak kita temui yakni ada 8 mode paving blok. Ke 8 mode paving blok itu diantaranya:

Paving blok persegi panjang (biasa disebutkan mode bata). Paving blok persegi panjang sering dipakai pada konstruksi jalan yang kerap dilewati oleh kendaraan karena daya tahannya yang termasuk kuat bila dibanding dengan paving blok tipe lain. Paving blok persegi panjang mempunyai keunggulan dalam sisi keringanan penempatan yang menjadikan opsi pas untuk dipakai pada konstruksi jalan yang memerlukan pergantian paving blok secara periodik.

Paving blok sisi enam (hexagon). Paving blok hexagon sebagai mode paving blok yang mempunyai design unik yang sering dipakai pada konstruksi trotoar dan jalan di posisi perumahan karena kekhasan performa dan ketahanannya yang termasuk kuat.

Paving blok tiga berlian (trihex). Paving blok trihex sebagai mode paving blok yang sering dipakai sebagai pola hiasan dalam formasi paving blok karena kekhasan bentuknya yang berharga seni. Paving blok trihex biasa dipakai untuk mengeraskan konstruksi jalan di trotoar atau jalan di posisi perumahan.

Paving blok zig-zag (istilah yang lain paving blok cacing). Paving blok zig-zag sering dipakai pada konstruksi jalan di posisi perumahan karena kelebihannya yang memerlukan semakin sedikit jumlah paving blok per m² dibanding dengan mode paving blok lain, dan kelonggaran yang dijajakan dalam mengontrol pola supaya konstruksi jalan kelihatan unik, cantik, dan nikmat dilihat mata. Mode paving blok ini ada dalam bermacam warna, di antara lain; hitam, kuning, merah, abu-abu, dan hijau.

Paving blok topi uskup. Paving blok topi uskup sebagai paving blok berupa persegi tiga yang seperti wujud topi. Paving blok topi uskup sering dipakai sebagai penutup samping formasi paving blok yang lain untuk hasilkan segi jalan paving blok yang lempeng dan tidak tinggalkan ruangan kosong.

Paving blok ubin set. Paving blok ubin set mempunyai berntuk nyaris sama dengan paving blok persegi panjang, tapi mempunyai ketidaksamaan skema pada permukaan atasnya di mana permukaan paving blok ubin set seperti terlihat kelompok beberapa ubin yang digabungkan. Definisi Paving Block atau Conblock & Klasifikasi Mutu 

Label: , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda