Kamis, 24 Juni 2021

Macam-macam dan Ukuran Gorong-Gorong Beton

 Macam-macam dan Ukuran Gorong-Gorong Beton- Saat ini, gorong-gorong beton sering digunakan untuk pelbagai kebutuhan. Perubahan tehnologi beton munculkan type gorong-gorong yang lebih memiliki kualitas, tahan lama, dan efektif dibanding material konservatif seperti batu kali.


harga gorong gorong beton, gorong gorong beton terdekat, harga gorong gorong u, gorong gorong pvc, gorong gorong beton bertulang, harga gorong gorong beton kotak, gorong gorong saluran air, gorong gorong jalan, harga gorong gorong beton, gorong gorong beton terdekat, harga gorong-gorong u, gorong-gorong pvc, gorong-gorong beton bertulang, harga gorong-gorong beton kotak,

Berikut di bawah ini dapat diterangkan beberapa model beton yang sering digunakan di negara kita.

Tonton pula: Teknik Mengalkulasi Volume Gorong-gorong

1. Buis Beton

Satu diantaranya type gorong-gorong yang sering digunakan merupakan buis beton. Type gorong-gorong beton ini sebagai yang amat tua pada type yang lain lantaran sudahlah banyak diketahui jauh sebelumnya tahun 1984.

Dulu penciptaannya dijalankan dengan manual, adalah dengan membuat 2 buah cetakan lingkaran untuk membuat batasan luar dan dalamnya. Lantas, ditempatkan gabungan pasir dan semen ke dalamnya.

Sejalan dengan perubahan tehnologi, sekarang buis beton pula dibuat di pabrik, baik tanpa atau dengan besi tulangan didalamnya. Buis beton punyai wujud dasar lingkaran, maka dari itu kerap dimaksud pula pipa beton. Ada yang berwujud lingkaran penuh.

Tapi, juga ada yang berwujud 1/2 lingkaran. Gorong-gorong ini berdiameter dan kedalaman yang banyak variasi. Diameter buis beton ada dalam kira-kira 20 sampai 150 cm. Saat itu, panjangnya ada yang 50 dan 100 cm.

Gorong-gorong beton type ini kerap difungsikan untuk pelbagai kebutuhan. Antara lainnya merupakan aliran air yang ditanamkan. Untuk penempatan aliran air di bawah jalan yang dilewati kendaraan berat, rata-rata buis beton yang dipakai merupakan yang diikuti tulangan.

Saat itu, yang tiada tulangan kerap dipakai jadi aliran air disamping jalan atau yang dilewati kendaraan gampang. Kecuali jadi aliran air, buis beton pula dipakai untuk beberapa kebutuhan, seperti septic tank, sumur air dan sumur serapan, dasar bangunan, sampai substitusi pot di taman.


2. Box Culvert

Type gorong-gorong beton yang lain merupakan box culvert. Sama dengan namanya, aliran ini punyai wujud sisi empat, dibikin dari beton dengan tulangan maka dari itu lebih kukuh dan kuat membatasi beban. Box culvert punyai sisi yang memiliki nama spigot dan soket.

Sisi ini dipakai untuk menyambung tiap-tiap elemen gorong-gorong biar terus bersatu meskipun terjadi gerakan di tanah. Tidak hanya itu, sisi ini pula menjauhkan air tanah masuk ke, maka dari itu sangatlah pas untuk dimanfaatkan jadi aliran air.

Kecuali aliran air, gorong-gorong box culvert ini pula difungsikan untuk beberapa perihal, misalnya saluran buangan, jembatan, terowong, sampai lorong bawah tanah. Gorong-gorong yang dibutuhkan dapat dibikin dari pelbagai ukuran sama dengan medannya.

Ukuran box culvert beton siap gunakan (precast) umumnya kira-kira di antara 40 x 40 cm sampai 200 x 200 cm dengan panjang 100 cm. Box culvert dapat dibikin dengan mengerjakan pengecoran langsung dalam tempat konstruksi biar bentuknya sama dengan kepentingan.

Tapi, untuk beberapa project seperti pemeliharaan jalan, masalah ini malah bisa halangi jalan raya. Pemanfaatan gorong-gorong precast sangatlah menolong proses pembangunan bertambah cepat dan ekonomis.

Mirip dengan box culvert, U Ditch sebagai type gorong-gorong beton yang terbuka di sisi atasnya, maka dari itu membuat huruf U. Pemasok gorong-gorong precast rata-rata pula siapkan tutup dengan pelbagai ukuran dan ketahanan.

Dimensi gorong-gorong banyak variasi mulai ukuran 30 x 30 cm sampai 120 x 120 cm dengan panjang 120 cm. Type aliran yang dibikin dari beton ini kerap dipakai untuk aliran air, baik di jalan raya, perumahan, dll.

Kemunculan penutupnya sangatlah membantu proses penelusuran dan perawatan waktu pemanfaatan. Proses pembersihan aliran bermaterial yang menutup pula bertambah simpel. Masalah ini buat uditch cukup ternama.


Label: , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda