Selasa, 17 Agustus 2021

8+ Jenis Pasir Bangunan Paling Dibutuhkan

8+ Jenis Pasir Bangunan Paling Dibutuhkan-Pasir merupakan material alam penting dalam pembangunan baik kontruksi bangunan besar sampai bangunan terkecil. Karena pengaruhnya tidak tergantikan sepenuhnya dengan material lain,  ketersediaannya pun terbatas sehingga harganya tinggi. 

Pasir sendiri terbentuk dari silikon dioksida, untuk di beberapa pantai tropis dan subtropis umumnya terbentuk dari batu kapur. Butiran pada pasir, umumnya berukuran antara 0,0625 sampai 2 milimeter. 

CARA MEMBEDAKAN JENIS PASIR BAGUS VS PASIR JELEK- Sumber : Asanka

8+ Jenis Pasir Bangunan Paling Dibutuhkan

Berikut beberapa jenis pasir yang banyak berguna dalam pembangunan dan banyak tersedia pada toko toko bangunan:

Pasir Beton

Pasir bertekstur halus dan warna hitam yang banyak berguna untuk cor beton plasteran dinding, pembuatan pondasi,  serta pemasangan bata.  Biasanya karakteristik pasir ini bila kepal dengan tangan akan buyar kembali bila lepas kepalan tangan. Butiran pasir ini sangat halus sehingga amat cocok untuk plesteran serta perkokoh bagian pondasi. 

gambar: Pasir beton

Baca:

Pasir Pasang

Pasir pasang termasuk pasir halus dan sedikit lebih halus dari pasir beton dan cocok buat untuk pasta beton. 

Untuk pemasangan spesual untuk perekat bahan bangunan seperti plesteran, pasangan keramik,  pasang batu alam dan dapat bercampur dengan perekat bata atau hebel.  Ciri pasir ini bila kepal dengan tangan tidak akan buyar bila lepas kepalan. 

Berdasarkan tempat penambangannya, pasir pasang dapat bedakan menjadi 2 jenis. Yaitu pasir sungai dan pasir gunung.

Pasir Pasang
Gambar: Pasir Pasang

 Pasir Mundu

Pasir mundu banyak gunakan konsumen karena murah. Warna pasir sedikit kehitaman dan juga banyak memakai jadi plesteran  walau bertekstur kasar namun karena harga lebih murah tetap menjadi pilihan di proyek pembangunan

Pasir Mundu
Gambar :  Pasir Mundu

Pasir Urug

Limbah pasir cuci,  pasir sedot serta pasir ayakan berinama pasir urug.  Jadi pasir urug maksudnya berfungsi menstabilkan suatu area yang butuh leveling. 

Pasir Urug
Gambar : Pasir Urug

Pasir Putih Rangkas

Warna pasir rangkas putih ke abu abuan dan tekstur lebut.  Rangkas memiliki harga yang relatif murah dengan mutu dan kualitas yang baik untuk industri konstruksi. Pasir ini berfungsi untuk cor pondasi, plester, pemasangan keramik, bahan pembuatan batako, hebel, paving block, beton precast, genteng, dan lain-lain.

Pasir Putih Rangkas
Gambar : Pasir Putih Rangkas

Jenis Pasir Putih Bangka

 Putih Bangka berasal dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan kualitasnya, pasir Bangka dapat bedakan menjadi dua jenis, yaitu pasir Bangka standar dengan kualitas normal sesuai standarisasi hasil tambang, dan Pasir Bangka super dengan kualitas tinggi, memiliki ciri khas putih bersih seperti garam. Warna pasir Bangka ini beragam tergantung galian di area tambang, ada yang putih, coklat, kuning kecoklatan, dan coklat keputihan. Pasir Bangka bisa berguna untuk material bangunan seperti beton, cor, plester, campuran dalam industri gelas dan kaca, campuran dalam industri kerajinan seperti hiasan untuk aquarium, meja hiasan, dan lain-lain.

Jenis Pasir Putih Bangka
Gambar : Jenis Pasir Putih Bangka

Jenis Pasir Putih Lampung

Berbeda dengan pasir Bangka, pasir Lampung teksturnya lebih lembut dan halus. Memiliki warna krem buram atau krem kekuningan dan kemerahan tergantung kondisi galian di area tambang.

Jenis Pasir Putih Lampung
Gambar : Jenis Pasir Putih Lampung

Jenis Pasir Plester

Pasir plester termasuk jenis pasir yang sudah terbebas dari kerikil, bebatuan, dan material lainnya, sehingga sangat cocok gunakan untuk plester dinding agar halus. Meskipun begitu pasir plester juga harus ayak atau saring terlebih dahulu agar kualitas pasir tetap terjaga ketika campurkan dengan semen

Thetaindomarha jual 8+ Jenis Pasir Bangunan dengan harga murah, hubungi kontak Wa Kami pada dasboar unformasi harga lebih lengkap

REKOMENDASI PASIR PASANG YANG BAGUS BUAT NGECOR PLESTER & PASANG BATA – sumber : Baitizania Ghanibi Propertindo

Sumber: wikipedia,

http://pavingblockharga.com/

http://pavingblockharga.com/2021/08/17/8-jenis-pasir-bangunan-paling-dibutuhkan/\

Membuat Paving Block

Membuat Paving Block

Membuat paving block : Paving block adalah material untuk bangunan yang umum gunakan sebagai bahan baku untuk membikin susunan pengerasan permukaan tanah. Paving block ini …
Read More
Gambar u ditch

Gambar u ditch

Gambar u ditch merupakan hasil jepretan dua dimensi yang untuk menerangkan ataupun menjelaskan pemasangan, ukuran, serta produksi u ditch pada pabrik kami.
Read More

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda